Senin, 02 Februari 2009

Waspada Virus Trojan Ponsel

Mungkin anda akan menjadi sasaran selanjutnya jika anda tidak menyimak Artikel saya ini, Kaspersky Lab yang merupakan salah satu perusahaan antivirus terkemuka memberikan sinyal peringatan terhadap bahaya Virus Trojan yang akhir-akhir ini banyak mengintai ponsel-ponsel kita. Virus Trojan ini oleh Cyber crime diberi nama SMS.Phyto.Flocker.Trojan.

Virus ini harus kita waspadai untuk ponsel-ponsel yang mempunyai system operasi Symbian yang banyak digunakan pada ponsel bermerk Nokia. Ini dikarenakan pada virus Trojan ini dituliskan untuk yang menggunakan system operasi symbian. Dan merupakan ancaman pertama di tahun 2009 yang menargetkan ponsel sebagai sasaran utamanya, karena orang semakin sadar dan mengerti tentang penyebaran virus melalui PC (computer) yang kini semakin baik diantaranya dengan cara lebih mengaupdate antivirus mereka dan mengontrolnya.

Salah satu cirri virus ini adalah disebar melalui Bluetooth dan SMS (Pesan singkat) dan telah mulai menyerang wilayah Rusia, India dan tentunya juga Indonesia. Yang lebih menjengkelkan lagi Trojan ini bisa mengirim SMS Premium sehingga tagihan bisa melonjak alias tagihan pulsa lebih dari pemakaian seharusnya, wah repot dech. Masuknya penyebaran virus ini biasanya disebabkan lalainya si pemilik ponsel yang seringkali mengaktifkan Bluetooth mereka secara terus menerus (posisi on) dan diset secara otomatis menerima koneksi Bluetooth. Yang patut juga diwaspadai adalah para pemilik ponsel yang dilengkapi dengan akses internet wi-fi, menjadikan kode virus berbahaya ini mudah tersebar.

Tips Menghindari Virus Trojan Ponsel

- Hati-hati menerima data apapun melalui Bluetooth, karena bisa saja data aplikasi yang terkirim tersebut sudah disisipkan kode virus, sehingga jika aplikasi tersebut aktif maka sesungguhnya virus itu juga diaktifkan.

- Pastikan perangkat Bluetooth anda dalam posisi off atau hidden, sehingga tidak terdeteksi oleh sinyal virus asing yang akan masuk ke ponsel anda.

- Jika tiba-tiba anda mendapatkan SMS asing yang tidak bisa dipercaya asalnya/sumbernya darimana sebaiknya dihapus saja, dan tidak mengikuti perintahnya (misalnya tekan tombol ke bawah).

- Waspada dengan kiriman attachment MMS, atau mendownload dari sumber yang tidak jelas dan tidak bisa dipercaya.

- Untuk ponsel yang dengan tampilan/vitur/tehnologi sudah dikatakan canggih sebaiknya memakai aplikasi/software antivirus resmi khusus untuk ponsel, dan jangan lupa untuk mengupdatenya terus jika ponsel tersebut memang benar-benar digunakan untuk konektifitas internet lewat wi-fi dan Bluetooth. Selamat mencoba dan mudah-mudahan anda tidak menjadi sasaran selanjutnya setelah menyimak artikel ini.



Tidak ada komentar: